Ajakan bergabung dalam Aksi Kamisan Semarang 14 Desember 2017 untuk serukan:

Gubernur Ganjar Adalah Pelanggar HAM!

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI menganugerahkan penghargaan kepada Provinsi Jawa Tengah sebagai Provinsi Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) 2017. Penghargaan untuk Jateng terasa spesial karena diserahkan langsung Presiden RI Joko Widodo kepada Gubernur Ganjar Pranowo (Radar Solo, 10/12/2017), penghargaan tersebut hanya upaya akrobatik pemerintah dalam menutup-nutupi pelanggaran HAM yang terjadi di Jawa Tengah. Sama sekali, tidak mercerminkan kondisi sebenarnya yang di Jawa Tengah, terkhusus atas tindakannya sendiri oleh Ganjar sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Serikat Pengajar HAM Indonesia, menilai, penghargaan tersebut terkesan politis dibandingkan dengan subtantif. Hal ini terkait tahun 2018 yang merupakan tahun politik dengan agenda pemilihan Gubernur Jawa Tengah. Langkah pemberian penghargaan HAM untuk menutupi atau mengingkari persoalan-persoalan HAM merupakan pertanda buruk bagi upaya serius dan komitmen penuh dalam mengembangkan upaya jaminan HAM dan keadilan sosial.

Ada yang tidak benar dalam pemerintahan sekarang, semua seakan-akan dibuat menjadi lumrah dan tidak ada persoalan. Berdasarkan catatan kami pelanggaran-pelanggaran HAM banyak terjadi di Jawa Tengah, khusus untuk perjungan warga Rembang, Pati, Grobogan, Kebumen, masyarkat miskin kota, buruh di Jawa Tengah, warga terdampak Pembangunan PLTPB Slamet, PLTU Batang, dan lainnya, seharusnya dominasi Gubernur Jawa Tengah berwenang untuk menghentikan kesesengsaraan rakyat tersebut. Tapi, apa yang dilakukan Gubernur Ganjar dalam penangananan kasus diatas jauh dari prinsip-prinsip HAK ASASI MANUSIA!!!

Untuk itu, mari jadi barisan pengingat dengan hadir dan menegaskan kembali dimana & bagaimana seharusnya Hak Asasi Manusia itu , pada:

Aksi Kamisan Semarang
Kamis, 14 Desember 2017
15.30 – 17.00
Depan Kantor Gubernur Jawa Tengah

Akan ada refleksi dari:
– Solidaritas Indonesia Untuk Hak Asasi Manusia
– Gerakan Mahasiswa Pembela Kendeng Unnes
– Mahasiswa Bergerak Unnes
– Permahi Semarang
– FNKSDA Semarang – Komunitas Payung FH Undip

Dan penampilan Kelompok Seni
– Komunal Tireks

Di tengah #DaruratDemokrasi yg kian kritis, hanya dengan perjuangan kita semualah Negara akan menjadi waras, mari tunjukkan bahwa kita akan selalu ada dan berlipatganda!.

#AksiKamisan #AkuKamisan #HidupKorban #JanganDiam #Lawan #MenolakLupa #KendengLestari #KendengMelawan #HentikanizinLingkunganPengununganKendeng #AksiKamisanSemarang #GanjarNgapusi

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *